Wednesday, November 16, 2016

Cat Mobil Tidak Mulus, Jangan Harap lolos Uji Kir

Gagal paham Uji Kir. Jok mobil sobek gak lulus, Cat mobil terkelupas tidak lulus uji. 


Apa itu Uji Kir (keur)

UJI KIR adalah pengujian kendaraan bermotor yang dilakukan terhadap kendaraan dengan status angkutan sewa. Ini adalah merupakan persyaratan teknis dan perwujudan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas dan tercatat pada pasal 48 – 55 UU No. 22/2009

Dari pengertian diatas kendaraan yang wajib uji kir adalah kendaraan angkutan umum (angkuta sewa/disewakan) dengan plat mobil warna kuning. 
Uji coba ini berada di bawah otoritas Dinas Perhubungan. Kendaraan yang diharuskan melakukan uji kir adalah angkutan umum/plat kuning. Kendaraan yang tak lolos uji kir tidak boleh beroperasi, atau memperbaiki kendaraannya terlebih dulu. (otomotif.liputan6.com )
 Pada kenyataanya mobil-mobil pribadi yang tidak disewakan juga akan kena operasi DISHUB apabila tidak ada uji kir. Misalnya memiliki mobil elf untuk keperluan operasi kantor yang nota bene tidak disewakan juga harus mengikuti uji kir, walaupun memang betul banyak sekali mobil elf yang digunakan untuk armada tour and travel. saya belum menemukan UUD yang mengatur ini, mohon dibantu menemukannya ya..di kolom komentar ya.. terima kasih sebelmnya.

Apa yang saya pahami selama ini tentang Uji Kir adalah untuk menjaga keselamatan pengguna diperjalanan sehingga yang perlu di uji misalnya mengangkut kepada teknis mesin dan segala perlengkapan keamanan berkendara , sebut saja misalnya :
  • Kadar emisi gas buang
  • Kondisi ban
  • fungsi pengereman
  • Lampu lampu (sign, rear, lampu utama, lampu rem)
  • sabuk pengaman

Hanya Cat mobil terkelupas, mobil tidak lulus uji kir ? 

Sebagai warga negara berusaha menjadi warga negara yang baik, berdasarkan pemahaman tentang uji kir maka konsi cat mobil apalagi memang mobil niaga yang setiap harinya mengangkut barang-barang sudah barang tentu ada kekuragan disana-sini, lecet san lecet sini. Pun demikian masalah kemananan dan keselamatan sangat diperhatikan, mulai dari penggantian ban, service rutin lampu lampu selalu menjadi perhatian.

Cat mobil ? akh itu kan masuk kedalam keindahan, sama sekali tidak berpengaruh terhadap kelaikan jalan. Lah koq gak lolos Uji Kir... disini saya Gagal Paham !
 

0 komentar:

Post a Comment