Tuesday, April 12, 2016

Catatan kecil persitiwa kebakaran rumah

Panik, bingung, penuh tanya apa yang harus dilakukan saat menghadapi situasi yang tak terduga menghinggapi kebanyakan orang tak terkecuali saat ada kebakaran rumah walaupun bukan rumah sendiri. Ya Allah.. hindarkan kami yang menulis dan membaca blog ini dari segala marabahaya dan bencana. Amiin.

kebakaran rumah
kebakaran rumah 12/04/2016

Kebakaran berhasil di padamkan dalam satu jam

Sampai tulisan ini dibuat sehari setelah kejadian, belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya kebakaran. Besar kemungkinan karena adanya hubungan listrik arus pendek. Pada gambar diatas, rumah yang menjadi korban kebakaran bukan yang terlihat jelas difoto, titik api berasal dari rumah dibelakang antara rumah yang ada gambar orang dan diantara gedung bertingkat di balik asap.

Rumah kosong

Asap yang terlihat mendadak sontak menjadi pusat perhatian warga sekitar, tanpa komando semua bergerak mencari sumber asap dan melakukan apa yang perlu dilakukan. sebagian sih menikmati saja sekedar melihat lihat.. wajarlah.. dan juga yang punya inisiatif membantupun kebingungan. Beruntung warga cukup cekatan tanpa diminta bahu membahu berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Gayung selang air, ember..

Sungguh partisipasi kepedulian warga tidak perlu diragukan. Bagaimana dilingkungan Anda ?

 Pasukan DAMKAR datang
Tak lama berselang, pasukan pemadam kebakaran datang siap berjibaku menundukan si jago merah diterik siang bolong. Alhamdulillah, kurang dari satu jam berangsur angsur si jago merah menyerah. lega.. api tidak berhasil merambat kerumah rumah lain. Perlu di catat.. titik api berada di lingkungan rumah yang satu sama lain saling menempel ketat dengan akses masuk berupa gang kecil.

 

Kecepatan respon atas panggilan darurat pasukan pemadam kebakaran patut kita hargai. Mereka para pejuang yang jarang kita perhatikan, tapi sangat dirindukan kedatangannya pada saat saat genting. Beruntung pula lokasi rumah di Cipinang dekat dengan banyak pos DAMKAR

Alamat dan nomor telpon Suku Dinas Kebakaran Jakarta Timur

Suku Dinas Jakarta Timur
Jl. Matraman Raya No. 132
Tlp : (021) 85904904 / 8591113 

Pos Tipar, Jl. Inspeksi PPD
Pos Cipayung, Jl. Cipayung Raya
Pos PIK, Jl. Penggilingan
Pos Pulogadung, Jl. Pulogadung
Pos Pemuda, Jl. Pemuda Raya
Pos Pulomas, Jl. Pulomas Barat 6
Pos P. Induk Cipinang, Jl. Pisangan Lama Timur
Pos Walikota Jakarta Timur, Jl. Sentra Primer
Pos Pondok Kopi, Jl. Pondok Kopi 5
Pos Klender, Jl. Bunga Rampai 10
Pos Duren Sawit, Jl. Kelurahan Duren Sawit
Pos Pondok Bambu, Jl. Balai Rakyat 3
Pos Pondok Kelapa, Jl. Pondok Kelapa Raya
Pos Lubang Buaya, Jl. SPG 7
Pos TMII, Jl. Komp. TMII Pintu 3
Pos Pekayon, Jl. Kalisari
Pos Ciracas, Jl. Poncol

Mungkin dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari rumah dengan lingkungan yang dekat dengan fasilitas umum dan pemerintahan. Cipinang besar utara bisa juga masuk dalam alternatif pencarian, asal anggaran mencukupi karena harga rumah di lingkungan Cipinang sudah mencapai angka 10 digit rupiah. 

Catatan kecil 
Terlepas sebab terjadinya kebakaran, ada catatan penting bila terjadi kebakaran yang bisa Anda lakukan untuk menjadi perhatian :
  • Telpon segera dinas pemadam kebakaran, jangan menunggu api membesar, jangan mengira pasti sudah ada yang lapor.
  • Berikan jalan khusus untuk mobil dinas kebakaran, siapkan parkir, kosongkan jalan keluar masuk kendaraan sementara agar tidak terjadi penumpukan yang menghambat jalur evakuasi barang dan orang.
  • Tetap waspada dengan kemungkinan adanya orang orang yang mengambil kesempatan untuk berbuat kejahatan pencurian dan lain lain. koordinasikan untuk keamnana lingkungan dengan pejabat RT/RW setempat untuk menyimpan dan menjaga barang barang.
  • Segera hubungi pihak keluarga korban dan rumah terdekat untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran. Kadang tuan rumah sedang tidak berada ditempat, sebagaiman banyak yang sibuk sehingga meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.
baca juga : tips penting sebelum meninggalkan rumah

Kebakaran satu jam meluluh lantakan struktur bangunan rumah beserta isinya. Berapapun kerugian tentu tidak diharapkan. Rusak bangunan dapat direnovasi ataupun bangun kembali menjadi lebih baik, terbakarnya surat surat penting bisa diurus. Betul itu semua, tapi ada pepatah "Lebih baik mencegah dari pada mengobati"

Khusus untuk keamanan dokumen, Bapak/Ibu bisa membeli Brankas tahan api di Toko Jadi (maaf ini edisi iklan) gak usah dibaca. Terima kasih

0 komentar:

Post a Comment